.

19 Juni 2012

Jadikan Bisnis Lokal Anda Go Online


Kabar gembira berhembus bagi para pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dan wirausaha di Indonesia. Dilatarbelakangi oleh masih kurangnya jumlah UKM di Indonesia yang memanfaatkan media online membuat Google tergerak untuk menyediakan domain dan hosting melalui program "Bisnis Lokal Go Online". Seperti dilansir oleh Kompas Tekno, program ini ditujukan bagi 100.000 UKM di Indonesia, dengan cara mendorong mereka untuk mempunyai website sendiri (toko online atau butik online), agar bisa berjualan melalui media online/internet.
Julian Persaud, Managing Director Google Southeast Asia, menjelaskan bahwa lebih dari 40 juta penduduk Indonesia menggunakan internet secara rutin dan lebih dari 130 juta orang menggunakan akses online melalui perangkat seluler untuk mencari toko dan layanan lokal. Rata-rata pengguna internet di Indonesia pada umumnya untuk mencari informasi seputar hiburan, olahraga, tempat makan, berita ataupun informasi tentang di mana mereka dapat membeli produk elektronik terbaru. Walaupun demikian, statistik menunjukkan hanya ada sekitar 75.000 UKM dari total 17 juta UKM yang baru memiliki website sendiri. Sebagian besar UKM tersebut belum online karena menganggap bahwa pembuatan website mahal, rumit dan alasan tidak punya waktu. Berbagai keterbatasan yang dimiliki para penguasaha kecil dan menengah ini tak jarang menghambat keberhasilan usaha mereka. Pergeseran tren bisnis yang sangat dinamis dewasa ini memaksa orang harus melek tekonologi bila ingin  bisnisnya tetap eksis dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Toko/gerai online ini bisa mendukung toko/gerai offline yang sudah lebih dulu berjalan.
Google melihat potensi pertumbuhan UKM yang sangat besar di Indonesia. Program 'Bisnis Lokal Go Online' ini merupakan bentuk komitmen jangka panjang Google kepada Indonesia. Harapannya, Google dapat memberikan manfaat ekonomi secara nyata bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dalam program ini, Google memberikan dukungan berupa pembuatan domain gratis dan hosting gratis selama setahun kepada 100.000 UKM. Bantuan dari Google ini secara lebih rinci yaitu:
- Gratis domain '.co.id' untuk satu tahun pertama setelah pendaftaran. Untuk tahun berikutnya peserta UKM akan dikenakan biaya maksimal Rp 150.000 per tahun.
- Gratis konsultasi dan edukasi bisnis yang berkelanjutan
- Gratis iklan online dan terdaftar di Google Maps
- Kupon AdWords bernilai Rp 500.000 untuk 100.000 pendaftar pertama yang telah mengaktifkan situs mereka dan memiliki akun di AdWords
Guna mendukung program Bisnis Lokal Go Online ini, Google menggunakan Business Site Builder, sebuah perangkat lunak gratis buatan Google yang dapat  digunakan untuk mendesain sebuah website. Business Site Builder ini dirancang untuk meminimalisasi kendala yang selama ini menyulitkan UKM untuk go online, dengan menjadikan proses membuat dan mengelola sebuah website menjadi lebih murah, lebih cepat, dan gratis.
Google mengadakan program ini bekerjasama dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Kementerian Koordinasi Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (Aptikom), Melsa, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Bakrie Connctivity dan Multiply.com.
Program ini menjadi komitmen jangka panjang Google dengan Indonesia, dengan harapan dapat memberikan manfaat ekonomi secara nyata bagi masyarakat Indonesia dan membantu UKM di Indonesia untuk  meluaskan pasar bisnisnya, baik skala lokal maupun pasar global.
Bagaimana? Anda mempunyai butik online atau toko online dan ingin menjangkau konsumen yang lebih luas? Untuk mendapatkan penawaran dari Google ini, silakan kunjungi website berikut: http://www.bisnisgoonline.co.id

1 komentar:

Obat Keputihan mengatakan...

postingan yang bagus,,,

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...