.

14 Juni 2012

Tips Berbelanja Online Secara Aman


Anda mungkin pernah mengalami sesuatu yang mengecewakan saat belanja online, misal barang yang dibeli dari suatu butik online atau online shop tidak sesuai pesanan, atau barang tidak dikirim padahal uang sudah ditransfer? Hal tersebut pasti menimbulkan ketidaknyamanan dan terutama kerugian bagi Anda. Untuk terhindar dari hal tersebut, berikut ini akan saya uraikan tips berbelanja online di internet secara aman berdasarkan pengalaman sebagai pembeli dan penjual aktif sampai saat ini. 
Bagi Anda calon pembeli:
1. Memahami metode umum dalam berbelanja online di internet
2. Dapat menentukan penjual yang kredibel dengan lebih akurat
3. Lebih berhati-hati berbelanja online
4. Dapat terhindar dari penipuan
5. Tidak takut belanja online
Bagi Anda para penjual:
1. Mempunyai nama baik di dunia internet dan menghindari reputasi jelek
2. Meningkatkan kepercayaan konsumen
3. Bisa meyakinkan calon pembeli bahwa Anda kredibel
4. Dapat meraih kepuasan konsumen
Sedikit tips belanja online di internet secara aman sebagai berikut:
1. Cek website/blog/online shop-nya
Penampilan website/blog bisa dibuat sedemikian rupa, tetapi satu hal yang harus diperhatikan adalah apakah website/blog tersebut selalu diupdate secara berkala? Bila konten/isi web/blog seperti tak terurus karena jarang atau tidak pernah diupdate, maka Anda perlu lebih waspada. Jangan-jangan online shop tersebut sudah tidak aktif atau sudah tidak jualan barang lagi. Selain itu Anda dapat menggunakan Google untuk mengecek website tersebut. Gunakan kata kunci seperti misalnya: Toko A menipu, Toko A bisa dipercaya, Nama A bisa dipercaya dll. Jika ternyata hasil Googling menunjukkan banyak artikel yang menyebut bahwa si penjual/toko tersebut penipu, maka segera tinggalkan toko online tersebut dan cari yang lain saja.. :)
2. Periksa daftar kontak yang bisa dihubungi
Carilah nomor hp, telepon toko/rumah, pin BB, dan alamat email. Toko online bisa dibuat oleh perorangan maupun badan usaha, tetapi kebanyakan mereka tidak memiliki stok barang dan toko untuk menyimpan barangnya. Mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah, asal kontak yang bisa dihubungi jelas dan aktif saat dihubungi.
Untuk meningkatkan kredibilitas dan menghindari kesan sebagai penjual "abal-abal", saya selalu mencantumkan secara jelas informasi kontak yang bisa dihubungi, bahkan alamat toko/butik yang bisa dikunjungi untuk meyakinkan calon pembeli bahwa saya mempunyai butik yang "nyata" dan stok barang yang selalu tersedia. Selain itu saya membiasakan untuk selalu membalas setiap pertanyaan dari calon pembeli sesegera mungkin, baik melalui BBM, SMS, email, dan telepon.
3. Tanyakanlah di forum-forum, milis atau pada teman Anda
Apabila toko online ini memang kredibel, maka penjual akan direkomendasikan oleh teman-temannya yang lain. Jika perlu, tanyakanlah pada milis, forum, atau orang-orang yang menulis di testimoni toko online tersebut (bila ada testimoni). Pembeli yang puas dan senang, pasti akan kembali lagi, tapi tidak sendirian, melainkan bersama teman-teman dan kerabatnya. Galilah informasi tentang penjual toko online tersebut kepada mereka.
4. Hubungi langsung si penjualnya
Berdasarkan komunikasi dan tanya jawab antara Anda dengan penjual, maka dapat disimpulkan apakah si penjual memang dapat dipercaya. Tanyakan hal-hal yang mendasar, seperti dimana alamat toko, no hp atau telepon yang mudah dihubungi, jam berapa toko onlinenya aktif, bagaimana layanan pengiriman dll.
5. Tanyakan informasi detil seputar produk
Penjual yang memang benar-benar penjual, pasti tahu detil produknya yang dijual. Tanyakan secara rinci tentang produk yang Anda inginkan, kualitas bahan, ongkos pengiriman, diskon dll. Saya selalu berusaha memberikan informasi yang tepat kepada calon pembeli, karena bagi saya, bila pembeli senang karena barang yang diterima sesuai dengan harapan, pasti mereka akan kembali untuk membeli produk kita.
6. Jangan pernah tergiur dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran.Bila Anda menjumpai yang demikian, bisa dipastikan itu adalah toko online penipu. Sebagai contoh, misalnya ada yang menawarkan produk smartphone dengan harga hanya 1,5 juta, padahal harga di pasarannya 7 juta misalnya. Kita harus ekstra hati-hati dengan penawaran-penawaran dari toko online yang seperti itu.
7. Rekening pribadi atau badan usaha?Pada umumnya toko online di Indonesia menggunakan metode pembayaran melalui transfer antar bank seperti BCA, Mandiri, BRI, BNI dll. Apabila rekening yang digunakan menggunakan nama badan usaha, misal nya PT. A atau CV. B, maka dapat dipastikan lebih terjamin. Walaupun demikian, rekening atas nama pribadi bukan berarti bermasalah. Jika semua kriteria tips berbelanja online secara aman ini terpenuhi, maka Anda tak perlu kuatir untuk transfer pembayaran ke rekening pribadi.
8. Catatlah dan simpan bukti transaksi pembelian dan tanyakan nomor resi pengiriman
Simpanlah kontak penjual, catatan kapan saja Anda menghubungi penjual, dan simpan bukti transaksi. Jika kemudian ternyata Anda kena tipu, maka bukti-bukti ini bisa dijadikan bahan untuk melapor ke pihak yang berwenang.
Sebagai penjual di toko online, saya selalu menyimpan semua bukti transaksi dengan pembeli dan menginformasikan nomor resi pengiriman. Hal ini untuk mencegah pembeli/calon pembeli menuntut di luar kewajiban yang harus saya penuhi kepada mereka. Misalnya ada pembeli marah-marah karena barang datang terlambat dalam pengiriman oleh jasa ekspedisi, maka saya akan menunjukkan bukti dan informasi tanggal pengiriman yang telah saya lakukan. Bahkan bila memungkinkan akan saya kirimkan foto resi pengiriman tersebut kepada pembeli yang bersangkutan.
9. Pahamilah resiko berbelanja online
Pastikan bahwa Anda sudah membaca Terms of Condition atau FAQ (Frequently Asked Question) di website penjual. Ini untuk menghindari adanya kemungkinan hal-hal atau ketentuan yang tak adil bagi Anda. Cermatilah baik-baik sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Jika Anda benar-benar ingin membeli, cobalah pada saat pertama membeli produk seminimal mungkin untuk mengetahui kualitas layanan dan kualitas barangnya, sehingga misalnya Anda kecewa atau tertipu, kerugian Anda tidak banyak.
Kesimpulan
Dari pengalaman saya sebagai pembeli di toko online, saya juga sering takut ditipu atau dikecewakan. Meski mungkin kerugiannya tak seberapa, tetapi bila hal tersebut sering menimpa saya, maka saya jadi malas dan takut untuk berbelanja online. Padahal kalau tahu caranya, berbelanja online sungguh menyenangkan. Tidak perlu pergi jauh ke luar kota, tidak perlu keluar rumah saat cuaca buruk, dan bahkan saat jam kerja pun saya masih bisa berbelanja.. :)
Sedangkan sebagai penjual, seringkali saya mendapat pertanyaan: "Apakah barang benar sudah dikirim?”, "Apakah barang sesuai dengan di gambar/foto di website?", "Apakah Anda benar-benar mempunyai toko dan stok barang?" Pertanyaan-pertanyaan seperti ini merupakan contoh dimana calon pembeli ragu pada saya. Walaupun demikian, saya selalu berusaha memberikan informasi yang sebenar-benarnya kepada calon pembeli.
Semoga tips ini berguna bagi Anda yang ingin berbelanja maupun berjualan secara online di internet. Selamat berbelanja online dengan aman. Happy Shopping :)

2 komentar:

Toko Baju Online mengatakan...

Tipsnya ok, untuk berbelanja online. Apalagi kalau belanja online itu barang hanya bisa dilihat melalui foto dan berpatok pada kepercayaan pembeli dan penjual. Sekarang setiap orang marak punya toko baju online. Sangat sulit mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, karena seperti yang tertulis di atas takut adanya penipuan dll. Semoga tips ini bisa membantu bagi orang yang ingin berbelanja baju online ataupun belanja yang lainnya secara online dan aman.

Unknown mengatakan...

@Toko Baju Online: Terima kasih apresiasinya ya.. :)
Saya setuju pendapat Anda. Bahkan seringkali di dunia "nyata" pun kita bisa kecewa dan merasa dirugikan, misal saat membeli suatu barang ternyata barang yang kita terima ada cacat atau kerusakan dan tidak bisa dikembalikan, dll.
Semoga tips ini bisa membantu bagi yang mau belanja online dimanapun. Prinsip kehati-hatian harus selalu menjadi pegangan agar terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan kita..
Terima kasih dan salam :)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...